y

Pastel Renyah Isi Sukun (again ^^)

Ketika buka freezer, saya menemukan sesuatu dalam plastik yang tentunya sudah membeku. Saya ambil, 'ini apa ya?' pikir saya sambil terus memperhatikan dan menimbang2. Maklum, dalam freezer ada banyak bahan makanan yang sengaja saya bekukan karena tidak sekali habis diolah. Biasalah, apalagi kalo bukan bahan2 eksperimen untuk baking..haha.. 
Ada kumbu kacang hijau untuk isian pia, ada ubi kukus halus, ada mangga yang dipotong kecil2 sisa untuk isian pie, bahkan kulit semangka yang sudah saya bersihkan dan potong kecil2. Rencananya mau saya buat untuk manisan, tapi entahlah. Sudah lama ngendon di freezer tak kunjung saya sentuh jua. Mungkin next time. Ada juga kulit pastry homemade. Tak ketinggalan sisa crust pie yang tidak sekali habis dipanggang. Banyak deh pokoknya. Nah lo, berarti yang saya pegang ini apa ya? Warnanya kuning, semacam sesuatu yang telah dihaluskan. Oh, ingat. Ini kan sukun, sisa bikin pia tempo hari. Hmm, daripada kelamaan jadi penunggu freezer mendingan saya olah menjadi makanan kesukaan keluarga. Apalagi kalo bukan gorengan, teman minum teh di pagi atawa sore hari sungguh mantab. 

Oke langsung saja, saya ngoprek dapur dan alhamdulillah bahan2 lainnya masih komplit. Akhirnya jatuhlah pilihan saya pada pastel renyah isi sukun. Kebetulan masih ada kulit pastel yang model lapis2 yang biasanya dijadikan pastel kerang. Let's go....


PASTEL RENYAH ISI SUKUN

BAHAN :


Bahan Kulit :
Adonan A
50 gr tepung terigu serba guna
100 gr mentega

Adonan B
125 gr tepung terigu serba guna
25 ml minyak goreng SunCo
20 ml air dingin
½ sdt garam
½ sdt gula halus
Isian :
Sukun yang telah matang, dikukus. Kemudian dihaluskan. Tanpa ditambah gula, karena sukun ini sudah sangat manis. 

CARA MEMBUAT :
Adonan A : Campur terigu dan mentega. Uleni hingga rata, bagi menjadi 3 bulatan sama rata. Sisihkan.

Adonan B : Campur semua bahan, uleni hingga kalis. Bagi menjadi 3 bulatan sama rata. Ambil satu bulatan Adonan B, pipihkan. Isi dengan satu bulatan Adonan A. Tutup rapat, lalu bulatkan kembali. Lakukan juga dengan 2 bulatan lain.


Membuat kulit:
Taburi meja dengan tepung terigu agar tidak lengket. Ambil satu bulatan, gilas tipis membentuk persegi panjang. Lipat ujung atas ke tengah, lalu lipat ujung bawah ke tengah menutupi lipatan pertama. (lihat gambar)

Kemudian gilas lagi hingga benar2 tipis. Gulung dari arah bawah ke atas hingga ujung adonan habis. Adonan yang terbentuk menyerupai pipa panjang. Lalu potong setebal kurang lebih 2 cm. Potongan akan terlihat bentuk pusaran. (lihat gambar). Lakukan sampai adonan habis.
Ambil satu potongan kulit, lalu pipihkan. Isi dengan satu sendok sukun halus, lalu lipat dan rapatkan sisinya. Kepang2 pinggirnya layaknya membuat pastel. Lakukan sampai adonan dan isian habis. 


Panaskan minyak, goreng pastel dengan deep frying. Angkat jika sudah berwarna kecoklatan. Sebenarnya kulit pastel akan terlihat berlapis2 seperti kerang. Tapi berhubung ketika proses gilas menggilas saya kurang rapih dan terburu2 (anak saya mau bantuin ^^) biar cepat selesai alhasil beginilah bentuknya. Kesan lapis2 seperti kerang kurang begitu terlihat. Namun begitu, kulit pastel tetap renyah dan gurih banget dipadu dengan isian sukun yang manis dan legit. 

0 komentar :

Posting Komentar