y

KERIPIK PANGSIT MOCAF

Mocaf! Atau Modification Cassava Flour alias tepung cassava termodifikasi ini, sekarang lg naik daun. Terutama bagi mereka yg hobi masak-memasak di bagian per-baking-an. Konon, tepung mocaf ini bisa menjadi pengganti terigu. Kalo di tempatku, buat nyari Mocaf sbnernya gmpang2 susah. Di toko roti belum dijual. Tapi justru malah deket dg pabriknya. Nah, berhubung stok Mocaf masih banyak iseng2 bikin snack dari tepung ini.
Kali ini, aku mau bikin yang gurih (mengingat dari kemarin bikin kue yg manis2). Jatuhlah pilihan pada Keripik Pangsit Mocaf. Mau tau bagaimana membuatnya? Ini dia..!!

KERIPIK PANGSIT MOCAF
 
Bahan :
Tepung mocaf 250 gr
 Telur 1 butir, gunakan hanya kuningnya
 Mentega secukupnya
Garam secukupnya
Air 200 ml
Tepung tapioka (untuk taburan)
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Masukan tepung, kuning telur dan mentega kedalam satu wadah/baskom.
2. Larutkan garam kedalam air
3. Semua bahan diaduk menjadi satu, kemudian masukan air sedikit demi sedikit hingga habis. Kemudian adonan diuleni hingga kalis, atau tidak menempel di tangan.
4. Siapkan penggiling adonan, bagi adonan menjadi beberapa bagian agar mudah dalam menggilingnya.
5. Kemudian giling tiap bagian adonan tersebut hingga tipis, sambil ditaburi dg tepung tapioka. Potong membentuk persegi, segitiga, atau sesuai selera.
6. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang, angkat dan tiriskan.

Hasilnya gurih dan renyah. Bisa juga ditambah bawang biar lebih gurih. Menurut saya pribadi, rasanya justru lebih 'kaya' dibandingkan menggunakan tepung terigu biasa. Penasaran? Let's try!

0 komentar :

Posting Komentar