y

CAKE OATMEAL dengan KISMIS dan KACANG


Mendengar kata 'cake', jangan beranggapan bahwa ini bertekstur lembut dan spongy khas cake2 
yg lain ya... Karena sebenarnya Cake Oatmeal ini teksturnya beremah dan lumer di mulut. Hampir seperti cookies kalo saya bilang. Tapi juga tidak terlalu padat. Di permukaan terluarnya garing, tapi bagian tengahnya lembut dan sedikit lembab. Jangan memperlakukan cake ini terlalu keras yaa...karena mudah hancur dan akan membentuk remah2 yang halus. 

Secara tekstur, jujur saya sangat suka dengan cake ini. Bener2 lumer dimulut. Luarnya yang garing dan bagian tengahnya yang moist menjadi padanan yang pas banget di lidah. 2-3 potong rasanya belum cukup. Sayangnya kemarin hanya membuat 1 loyang saja. Besok kalau ada waktu pasti saya sempatkan membuatnya lagi.

Okelah, penasaran dengan cara membuatnya? Tenang...membuat cake ini terbilang mudah kok. Bahan2nya juga simple. Ini dia resepnya...

CAKE OATMEAL ISI KISMIS

BAHAN:
150 gr mentega
130 gr terigu serba guna
100 gr oatmeal (saya pakai yg instan merk Quaker Oat)
100 gr gula halus
1 butir telur
1/2 sdt baking powder
3/4 sdt garam
3/4 vanilla bubuk

ISIAN:
100 gr kismis 
75 gr kacang cincang

CARA MEMBUAT :
Ayak terigu, baking powder dan vanilla bubuk. Sisihkan. Dalam mangkuk terpisah, masukkan mentega dan gula halus. Mixer dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Naikkan speed, kocok lagi hingga berwarna pucat dan mengembang. Masukkan telur, kocok sebentar hingga tercampur rata. 


Masukkan campuran terigu, aduk dengan spatula. Masukkan oatmeal, lanjutkan mengaduk sampai benar2 rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Tuang sebagian adonan ke dalam loyang (saya menggunakan loyang brownies ukuran 24x16x6 cm) yang sebelumnya telah diolesi mentega dan dialasi kertas baking, ratakan. Kemudian taburkan kismis dan kacang cincang secara merata keseluruh permukaan adonan. Tutup lagi dengan adonan yang sebagiannya, kemudian ratakan. Jika dirasa terlalu lengket dan susah untuk diratakan, gunakan punggung sendok yang ditaburi tepung untuk meratakan dengan cara sedikit di tekan2 pada seluruh permukaannya. 


Setelah itu panggang dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan dalam suhu 170-175 derajat Celcius selama kurang lebih 25-30 menit atau sampai matang tergantung oven masing-masing. 



Angkat, dinginkan sebentar lalu keluarkan dari loyang. Letakkan di piring datar/talenan kemudian potong2. Cake Oatmeal Isi Kismis siap dinikmati...!! ^^

0 komentar :

Posting Komentar